Tips

Perkembangan Bayi Prematur 

Bayi prematur adalah bayi yang lahir lebih awal, lebih dini dari usia seharusnya. Dari berbagai laporan orang tua, kasus medis, juga penelitian perkembangan di sekolah disebutkan bahwa anak-anak yang lahir prematur biasanya memiliki berbagai jenis ketertinggalan, entah dari segi fisik, motorik, kognitif, maupun emosi dan sosial. Namun, pada dasarnya setiap anak itu unik. Kenyataannya tidak semua tumbuh kembang bayi prematur lebih lambat dari bayi yang lahir normal. Bayi-bayi prematur bahkan bisa berkembang menjadi orang dewasa yang memiliki intelegensi melebihi orang normal, seperti Albert Einstein dan Isaac Newton, dan banyak lagi.

Tonggak Pertumbuhan Bayi Prematur Berbeda-beda

Dalam tahun pertama kehidupannya, pertumbuhan bayi prematur tampak mengalami keterlambatan. Ini disebabkan ia melewatkan masa setidaknya 2 bulan perkembangan di dalam janin. Jadi, sangat mungkin pertumbuhan bayi prematur dalam setiap bulannya tidak sama dengan rata-rata bayi yang dilahirkan cukup bulan. Bila bayi lain bisa ditentukan usia sekian bulan akan mengalami kemajuan perkembangan A, B, C, dan D, maka pada bayi prematur tidak bisa dipastikan. Hingga kini pun belum ada tabel atau grafik yang dibuat khusus untuk memantau perkembangan bayi prematur. 

Oleh sebab itu, soal perkembangan bayi prematur anda, sebaiknya tidak perlu anda risaukan berlebihan. Yang terpenting anda memantau dan memberikan terapi yang tepat. Maka, bayi anda bisa mengejar ketertinggalan dengan cepat dan berkembang secara normal sama seperti anak lain.

Pertumbuhan Fisik

Dalam masa tiga bulan terakhir di dalam rahim bayi mengalami kenaikan berat badan yang cepat dan terus menambah tinggi badannya. Pada bayi prematur akan mengejar pertumbuhannya setelah ia lahir. Namun, mereka memerlukan waktu yang lebih lama untuk tumbuh. Terutama, apabila bayi prematur memiliki masalah sulit menyusu. Ia akan terlambat mengejar pertumbuhannya, namun dengan terapi yang baik, ia tetap bisa tumbuh normal. Setidaknya setelah usia 2 tahun, pertumbuhannya akan terlihat sama seperti bayi-bayi normal lainnya.

Jadi don’t worry and be happy!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top