Tips

Jenis Pipa Stainless Berdasarkan Bentuk dan Fungsinya

Saat ini, pipa stainless menjadi salah satu material konstruksi yang paling banyak dipakai dalam pembuatan bangunan. Tidak hanya untuk bangunan gedung bertingkat saja, pipa jenis ini juga dipakai dalam kehidupan rumah tangga. Meski terbilang cukup mahal, pipa jenis ini banyak diminati karena sifatnya yang anti karat atau tahan terhadap korosi. Selain itu, proses pemasangan pipa ini pun terbilang mudah sehingga mampu menghemat lebih banyak waktu. Secara umum, pipa jenis strainless ini memang memiliki bentuk bulat. Namun sebenarnya, ada beberapa jenis pipa lainnya. Inilah beberapa jenis pipa stainless berdasarkan bentuk dan teksturnya:

jenis pipa stainless

  1. Pipa ornamen

Pipa ini merupakan pipa jenis stainless yang memiliki tekstur permukaan halus dan mengkilat. Tekstur tersebut membuat pipa ini menjadi material favorit dalam konstruksi bangunan mewah atau rumah mewah. Selain itu, pipa ini juga bisa memperindah interior rumah. Anda bisa mendapatkan berbagai macam ukuran ketebalan dari pipa ornamen ini.

 

  1. Pipa hollow

Pipa hollow merupakan salah satu pipa jenis stainless yang berbentuk kotak. Bentuknya kotak pada pipa ini membuatnya terlihat unik serta memiliki kesan modern. Untuk itu, pipa ini sangat cocok jika digunakan pada rumah atau bangunan berkonsep minimalis, modern, atau futuristik.

 

  1. Pipa bulat tubing

Sesuai namanya, pipa jenis stainless satu ini memiliki bentuk yang bulat. Pipa ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan konstruksi karena memiliki bentuk bulat seperti pipa-pipa pada umumnya. Selain itu, pipa ini juga memiliki berbagai ukuran diameter yang bervariasi sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

 

  1. Pipa dove

Salah satu Jenis Pipa Stainless steel lainnya ialah pipa dove. Sesuai namanya, pipa jenis ini memiliki tekstur permukaan yang tidak mengkilat alias buram. Ketebalan pipa ini juga bervariasi, mulai dari 20 inci hingga 1 mm.

 

  1. Pipa elbow

Secara umum, Jenis Pipa Stainless memang memiliki bentuk yang lurus. Namun berbeda halnya dengan pipa elbow. Pipa satu ini memiliki bentuk yang agak melingkar dan bengkok. Bentuk yang demikian membuat pipa jenis ini digunakan untuk mengatur ketepatan ukuran pipa-pipa saat disambungkan.

 

Selain jenis bentuk dan tekstur, pipa stainless juga memiliki grade sebagai representasi kualitas mereka. Sebagai umum, grade pipa jenis stainless yang sering dijumpai memiliki nilai grade 201, 210, 220, 304, 316, dan 430. Setiap nilai grade ini dipengaruhi oleh kandungan dalam pipa tersebut.

Grade pipa jenis stainless dengan seri 400 merupakan tipe pipa yang memiliki kandungan anti korosi paling lemah dan mengandung banyak magnet. Sementara itu, pipa dengan seri 300 kualitasnya lebih bagus dari seri 400. Pipa dengan seri 300 juga dianggap paling bagus jika digunakan untuk peralatan rumah tangga atau peralatan makan karena anti korosinya yang tinggi. Meski anti korosi, pipa dengan tipa 200 memiliki kualitas yang lebih rendah dari pipa seri 300.

Itulah sekilas pengenalan tentang jenis pipa jenis stainless berdasarkan bentuk dan nilai grade-nya. Dengan begitu sekarang Anda sudah tahu pipa stainless seperti apa yang cocok bagi kebutuhan rumah tangga atau bangunan Anda bukan? Semoga bermanfaat!

1 Comment

1 Comment

  1. FirstBrooks

    December 21, 2017 at 4:07 pm

    I see you don’t monetize your site, don’t waste your traffic, you can earn extra bucks every month
    because you’ve got high quality content. If you want to know how to make extra money, search
    for: Boorfe’s tips best adsense alternative

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top